Profesor Bulan Prabawani Dikukuhkan Sebagai Guru Besar FISIP Undip: Mendorong Kewirausahaan Agroforestri untuk Bisnis Berkelanjutan

Posted by Nur Inayah

September 8, 2023

Salah satu Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Diponegoro (Undip) Prof.  Bulan Prabawani, S.Sos., M.M., Ph.D resmi dikukuhkan pada Selasa (05/09) di Gedung Prof. Soedarto, SH Tembalang. Prof. Bulan di pengukuhannya memaparkan pidato yang berjudul ‘’Kewirausahaan Agroforestri Sebagai Alternatif Bisnis Berkelanjutan’’

‘’Bisnis  merupakan salah satu entitas sosial eknomi dalam masyarakat yang memiliki kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja, mendorong inovasi, serta inovasi sosial.  Namun demikian bisnis memiliki kontribusi signifikan terhadap kerusakan lingkungan,’’ papar Prof. Bulan.

Untuk itu dibutuhkan keberlanjutan yang membutuhkan sistem, mekanisme, dan cara kerja yang baik dan jelas serta terstruktur untuk kepentingan jangka pendek maupun jangka panjang. Agroforestri merupakan sistem pemanfaatan lahan dimana terdapat perpaduan antara tanaman keras berkayu dengan tanaman pangan dan bahkan ternak di lanskap pertanian yang menawarkan benefit secara berkelanjutan dalam jangka panjang.  Agroforestri adalah salah satu bentuk wirausaha yang berbasis penyelesaian pada masyarakat sekitar dan merupakan kebutuhan yang mendesak terutama di daerah dataran tinggi.

Wilayah Magelang dan Temanggung melakukan agroforestri dengan jenis pertanian yang ditetapkan yaitu agrosilvopastoral dimana ini kombinasi tanaman kayu, pertanian, ternak. Tanaman yang dominan yaitu sengon, suren (kayu), kopi, tanaman sayur, dan buah. Serta ternak yaitu domba, kambing, ayam, dan sapi. Agroforestri bermanfaat secara ekonomi dalam jangka panjang, meningkatkan kualitas tanah, menjaga kualitas air, biodiversitas, serta mengurangi potensi bencana. Keberhasilan agroforestri ini sekaligus membuktikan harmoni triple bottom line yaitu profitpeople, dan planet, dimana kebutuhan ekonomi terpenuhi tanpa mencedarai lingkungan  dan mewujudkan lingkungan masyarakat.

Menurut Profesor Bulan, bisnis yang berfokus pada keberlanjutan di sektor pertanian dan kehutanan memiliki dampak positif dengan memenuhi kebutuhan saat ini dan di masa mendatang. Keberlanjutan bisnis ini memerlukan keterlibatan dari berbagai pihak sehingga target pengurangan dampak manusia tercapai melalui pendekatan lintas disiplin. Bisnis perlu secara aktif mengubah pola pengelolaannya agar sesuai dengan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan. Pentingnya komitmen dan orientasi yang tidak hanya pada aspek ekonomi dalam bisnis keberlanjutan juga disoroti oleh Profesor Bulan.

More From MBA UNDIP

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.