UNDIP Gelar Webinar Series 34 bertema “Research Edge in Industrial Engineering and Management”

Posted by Nur Inayah

November 2, 2023

Program Studi Magister Teknik dan Manajemen Industri Undip menggelar acara Webinar Series 34 pada Jum’at, 27 Oktober 2023 dengan tema “Research Edge in Industrial Engineering and Management”. Acara webinar dilaksanakan melalui Zoom meeting dan Live Streaming pada kanal Youtube Undip TV.

Acara ini dibuka dengan sambutan Dekan FT Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M., M.Sc., Ph.D. dan dilanjutkan sambutan oleh ketua departemen Teknik Industri Dr. Purnawan Adi Wicaksono, S.T., M.T. Webinar ini menghadirkan narasumber yang profesional dan kompeten di bidangnya, selaku narasumber pertama yaitu Prof. Bulan Prabawani, S.Sos., M.M., Ph.D., merupakan Dosen Departemen Administrasi Bisnis Undip yang membawakan materi mengenai “Mitigation Risk in Supply Management”. Narasumber kedua yaitu VP Buying & Indirect Procurement PT. Lion Super Indo, Donny Passa S.T. yang membawakan materi kedua terkait “Know Your Customer Better through Data”. Adapun moderator dalam webinar ini yaitu Prof. Dr. rer. Oec. Arfan Bakhtiar, S.T., M.T.

Prof. Bulan menjelaskan dalam materinya mengenai Supply Chain Management yang merupakan integrasi dari kegiatan pengadaan barang dan jasa, mengubahnya menjadi barang setengah jadi dan produk final, dan mengantarkannya melalui sistem distribusi. Dalam integrasi proses ini terdapat berbagai risiko seperti, ketika perusahaan semakin bergantung pada supply chain artinya lebih besar risikonya, semakin sedikit supplier akan meningkatkan ketergantungan perusahaan pada supplier, risiko globalisasi dan keruwetan logistik, risiko kecakapan vendor dan kualitas, dan risiko yang disebabkan oleh politik dan nilai tukar negara. Dalam upaya mitigasi dan reaksi dari risiko tersebut perlu adanya adaptasi terhadap proses, terhadap kontrol, dan terhadap lingkungan.

Sedangkan Donny Passa menjelaskan mengenai bagaimana mengetahui customers dengan lebih baik melalui data. Untuk mendapat pengetahuan ini, diperlukan proses merubah data menjadi insight yang dilakukan dengan meningkatkan kinerja yang bertujuan untuk memperoleh customer baru, dapat meningkatkan penjualan, optimisasi promosi, dan penguatan hubungan antara retailer, brand, dan customers. Membangun Mesin Personalisasi merupakan hal yang penting, mesin atau sistem ini digunakan untuk memanfaatkan informasi pola pembelian customer yang dapat dimanfaatkan sebagai algoritma yang nantinya akan diolah menjadi data. Data yang telah diolah akan menjadi referensi pembuatan keputusan yang strategis oleh perusahaan.

Webinar series 34 ini berjalan dengan lancar dan interaktif, utamanya pada sesi tanya jawab, peserta aktif memberikan pertanyaan terkait supply chain dan personalisasi data. Seluruh pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan sangat jelas oleh narasumber. (Sudanta-Humas).

 

Sumber: undip.ac.id

More From MBA UNDIP

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.